Posyandu Balita dan Taman Posyandu di era Covid-19

Saat ini di bulan April 2021 Posyandu Balita maupun Taman Posyandu di desa Ngrendeng sudah kembali berjalan meskipun pandemi belum berakhir, tapi dengan prokes yang sangat ketat. Sebelum masuk ke lokasi semua harus cek suhu badan dengan thermo gun dan juga diharuskan cuci tangan dengan sabun ataupun dengan menyemprotkan hand sanitizer yang sudah disediakan. Dan dapat dipastikan semua ibu-ibu sudah memakai masker serta selalu jaga jarak. Bila ada pengunjung yang lupa tidak memakai masker, maka dengan sigap para kader posyandu langsung memberikan sebuah masker untuk dipakai. Petugas maupun kader juga memakai APD yang sudah ditentukan.

Pada bulan ini waktunya pemberian obat cacing untuk balita usia diatas 1 tahun. Di Pos 1 ini ada sekitar 70 balita yang harus ditimbang dan diperiksa. Sedangkan di Pos 2 lebih sedikit yaitu sekitar 40 balita saja. Sementara itu Pos 3 ada sekitar 60 balita. Alhamdulillah Ibu-ibu balita sangat desa Ngrendeng selalu semangat dan antusias untuk membawa putra putrinya ke posyandu, karena mereka menyadari betapa pentingnya memantau perkembangan anak setiap bulanya agar jangan sampai terjadi stunting.

Sementara itu Taman Posyandu juga sudah mulai dibuka kembali tapi masih dengan pembatasan-pembatasan yang sangat ketat. Misalnya selain selalu menerapkan 3M juga masih belum boleh menggunakan APE bersama. Anak-anak hanya diberikan kegiatan-kegiatan yang tidak bersifat berkerumun. misalnya dengan bernyanyi, mewarna maupun senam ceria, yang semuanya bisa dilakukan dengan berjarak.

Galeri

 

 

Bagaimana reaksi anda mengenai artikel ini ?